THE FIRST ANNUAL DISTINGUISHED GENTLEMAN’S RIDE IN JAKARTA

Lawless_DGR_Jakarta_2013_Banner

Sekitar 4 hari yang lalu, tepatnya di hari Minggu tanggal 22 September 2013, saya baru mengetahui tentang pergerakan amal global Distinguished Gentleman’s Ride (DGR) ini. DGR bertujuan untuk menggalang dana dari siapapun yang bersedia menjadi sponsor dari para riders yang mendaftarkan diri di website resmi DGR yang diprakarsai oleh organisasi bernama bernama The Foundation Of Man asal Australia.

Acara ini gratis, tidak dipungut biaya untuk ikut riding maupun mendaftarkan diri. DGR menginisiasi sebuah gerakan global dimana penggemar dan pengendara motor klasik dan motor bergaya klasik berkumpul untuk berpawai keliling kota memakai pakaian ala distinguished gentleman masing-masing secara sukarela. Para pengendara yang mendaftarkan diri dapat menarik sponsor-sponsor baik perorangan maupun perusahaan untuk mensponsori dirinya guna melakukan pawai tersebut. Semua donasi dilakukan online via website resmi DGR dan menggunakan kurs dollar Australia. Tidak ada donasi yang akan diterima dalam bentuk tunai di lokasi riding. Dana dari donatur yang kemudian terkumpul akan didonasikan untuk kepentingan riset global kesehatan pria, khususnya kanker prostat yang merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diidap oleh pria di seluruh dunia. Bahkan banyak sekali pria yang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap sampai akhirnya orang itu meninggal.

Lawless Jakarta sudah pernah mengadakan dua kali acara amal yang bertujuan sama dengan mengadopsi gerakan global Movember. Dan sudah bisa dipastikan setelah saya menginformasikan gerakan ini kepada teman-teman saya di Lawless Jakarta, semuanya sangat antusias untuk memulai gerakan DGR ini di Jakarta. It all makes sense; men’s heallth, custom motorcycles, costumes, good times; the things that we would instantly agree on.

Untuk mewujudkan hal ini akhirnya saya mempunyai ide untuk mengajak teman-teman dari SSMC, yang merupakan “partner in crime” kami sejak lama, untuk bersama-sama mengorganisir acara ini di bawah bendera Sekepal Aspal. Sekepal Aspal merupakan sebuah event custom culture yang pernah kami adakan sebelumnya, melibatkan banyak bengkel custom motor, clothing brands, auto shops, media massa, dan lainnya. Sebuah nama yang identik dengan kebersamaan dan paling mudah diidentifikasi sebagai pergerakan custom culture lokal juga dibandingkan dengan nama perusahaan-perusahaan kami. Sebisa mungkin tujuan kami adalah menetralkan acara ini dari kepemilikan event DGR itu sendiri.

Hari Selasa tanggal 24 September 2013, setelah berbalas email yang cukup singkat, akhirnya organisasi resmi DGR merestui kami untuk mengorganisir acara DGR pertama di Jakarta. Mereka sudah memasukkan Indonesia ke dalam peta DGR mereka dan membuatkan Facebook page resmi DGR Jakarta. Sebelum Jakarta masuk sebagai salah satu lokasi diadakannya DGR 2013 di Jakarta, Bali sudah masuk duluan dengan rute Kuta-Canggu yang di hari itu saya lihat baru ada satu orang rider yang mendaftarkan diri disana bernama Craig Taylor. Jadi Jakarta merupakan kota kedua setelah Bali.

It’s all set! DGR Jakarta 2013 akan diadakan pada hari Minggu tanggal 29 September 2013, sama seperti di belahan dunia lain, start berkumpul jam 2 siang di Terrace A Go Go, Pati Unus dan akan berkeliling kota dengan rute melewati Sudirman, Monas, Kuningan, dan jalan-jalan lain. Peserta yang ingin berpartisipasi bisa mendaftarkan diri dahulu di website resmi DGR, berpakaian rapih, mengendarai motor klasik atau motor bergaya klasik (cafe, bobber, choppy, tracker, retro, customs, scooter), dan bersiaplah untuk menjadi pusat perhatian.

Berikut adalah peta rute #DGRJakarta13:

Lawless_DGR_Jakarta_Route

Sebagai pemanasan berikut adalah video DGR Singapore 2012:

The Distinguished Gentleman’s Ride Singapore from Juffrie Friday on Vimeo.

Untuk kamu yang tertarik untuk mensupport acara ini dengan menyumbang silakan log in ke website resmi DGR dan sponsorilah kami. Pilih rider yang kamu anggap menarik atau sekalian sponsorilah kami semua haha. Semoga kemurahan hatimu dapat membuat dunia ini menjadi lebih baik.

Kickstart your bike and let’s kick cancer in the bum!

 

Oleh Sam Bram.

 

Please follow & like us :
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://lawlessjakarta.com/blog/the-first-annual-distinguished-gentlemans-ride-in-jakarta.html">
Twitter