MOUSTACHE MAYHEM :{

Grow it or die trying!

Lawless Moustache 2013 telah sukses dilaksanakan untuk keempat kalinya hari Minggu 24 November lalu. Masih dengan semangat yang sama guna mendukung gerakan solidaritas global Movember yang pada tahun 2003 lalu dicetuskan di Australia. Kanker prostat masih menjadi isu utamanya. Kami di Jakarta juga ingin ambil bagian dalam masalah kepedulian kesehatan pria ini.

lawless-moustache-2013-poster-1

Sekitar jam 7 malam pengunjung mulai berdatangan. Mulailah terlihat gerombolan berkumis (baik yang palsu maupun asli, laki-laki maupun permpuan) memenuhi meja-meja dan area kosong dalam venue. Pesta dimulai sekitar jam 8 malam dan panggung langsung dikuasai oleh barisan swing Leonardo And His Impeccable Six yang berhasil mengajak penonton yang masih terlihat malu-malu untuk berdansa untuk bersama berteriak mengikuti lirik lagu-lagu mereka seperti cover version ‘Anarchy In Th UK’ dari Sex Pistols dan ‘Just A Gigolo’ yang pernah dipopulerkan oleh Louis Prima.

Lawless_Moustache_3

Lawless_Moustache_17

Lawless_Moustache_2

Lawless_Moustache_21

Lawless_Moustache_22

Sekitar 30 menit setelahnya, giliran doom lords Matiasu mengambil kendali crowd. Barisan depan panggung seketika penuh terisi. Duet gitaris Iqra dan drummer Haris yang tight dan heavy berhasil membuat crowd berdiri dan menyimak permainan mereka. Mereka juga membawakan lagu cover version dari Sleep yaitu ‘Holy Mountain’. Tak jarang penonton yang asik sendiri head banging. Kesimpulan saya: memang ternyata tidak semua band membutuhkan pemain bass haha.

Lawless_Moustache_18

Lawless_Moustache_8

Lawless_Moustache_12

Lawless_Moustache_16

Lawless_Moustache_9

Setelah Matiasu langsung disusul penampilan dari band baru yang mengusung kembali musik berbau 90’s alternative rock, Barefood. Terlihat pergantian crowd yang semula laki-laki head bangers menjadi mix gender crowd penyuka sing-alongs dan melodi-melodi apik. Cover version dari single The Lemonheads ‘It’s A Shame About Ray’ juga mereka mainkan. Album perdana Barefood yang bertajuk Sullen juga baru saja dirilis oleh Anoa Records dan tersedia di Lawless Jakarta.

Lawless_Moustache_14

Lawless_Moustache_20

Lawless_Moustache_6

Lawless_Moustache_15

A.L.I.C.E mendapat nomor urut 4 yang langsung naik dan memporak-porandakan panggung dan mosh pit. Suasana venue ketika panas membara. Single mereka yang berjudul ‘Angka-Angka Itu Bernama Aeon’ beberapa minggu ini tidak berhenti berkumandang di kantor Lawless Jakarta. Vinyl 7″ dari A.L.I.C.E juga baru saja dirilis oleh Lawless Jakarta Records tahun ini.

Lawless_Moustache_11

Lawless_Moustache_19

Lawless_Moustache_4

Selanjutnya adalah giliran Tika & The Dissidents yang berhasil mengajak para perempuan yang hadir malam itu menempati barisan depan panggung untuk bernyanyi dan bergoyang. Tika sendiri sudah beberapa kali terlihat di acara Lawless Moustache tahun-tahun sebelumnya. Ketika kami mengajaknya untuk bermain di acara tahun ini tanpa pikir panjang Tika langsung mengiyakan. Kami super beruntung. Great singer, awesome performance.

Lawless_Moustache_23

Lawless_Moustache_13

Lawless_Moustache_27

Lawless_Moustache_10

Lawless_Moustache_5

Sebelum Komunal dipersilahkan untuk naik ke atas panggung oleh MC gila asal Lawless Jakarta yaitu Gofar Hilman alias Pergijauh, Gofar memanggil kru Lawless Jakarta untuk  bersama-sama naik ke atas panggung menyanyikan lagu daerah ‘Lissoi’ ciptaan Nahum Situmorang. Dengan lirik yang setengah hapal, botol Jagermeister dan gelas-gelas bir di tangan kami mengajak penonton untuk bernyanyi dan bersulang sebagai ungkapan rasa terima kasih kami atas dukungan dan partisipasinya selama ini.

Lawless_Moustache_28

Terakhir adalah giliran pasukan perang dari rawa Komunal yang diberi tugas untuk menjadi pamungkas di Lawless Moustache 2013. Sudah bisa dipastikan kalau crowd secara instan menggila, slam dancing, bernyanyi bersama di lagu-lagu hits mereka seperti ‘Manusia Baja’ dan ‘Gemuruh Musik Pertiwi’.

Lawless_Moustache_1

Lawless_Moustache_25

Lawless_Moustache_7

Lawless_Moustache_24

Sekali lagi terima kasih untuk seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam mewujudkan acara ini dari tahun ke tahun. Terima kasih juga untuk para pengisi acara yang sudah mau mensupport gerakan solidaritas ini, para pengunjung yang sudah hadir, menyumbang, dan menggila, Eastern Promise Kemang,  juga para sponsor tahun ini yaitu Penny Jakarta, Pot Meets Pop, dan SUB Newspaper.

Sampai jumpa lagi di Lawless Moustache 2014 :{

Oleh Sam Bram.

Photo of Lawless Jakarta crew singing ‘Lissoi’ taken by http://tukankpotrek.wordpress.com. 

 

Please follow & like us :
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://lawlessjakarta.com/blog/moustache-mayhem.html">
Twitter