Lawless Moustache 2012

It’s a moustache party! Tepat pada tanggal 18 November 2012, untuk kedua kalinya kami mengadakan pesta Movember ala Lawless Jakarta. Sebuah event yang mendukung gerakan internasional peduli kesehatan pria khususnya kanker prostat. Venue Eastern Promise yang penuh sesak, bergelas-gelas beer, band-band keren berderet, dan kumis-kumis bertengger gagah diatas bibir para pengunjung (even fake ones).

 

 

Acara agak ngaret dikarenakan hujan yang tidak berhenti sejak siang. Sekitar pukul 19.45 akhirnya Lawless Moustache 2012 dimulai. MC gila untuk malam hari itu adalah Pergijauh alias Gofar, yang adalah salah satu c0-founder Lawless Jakarta. Lelucon-lelucon yang diluar batas dan penampilannya yang meniru Ron Jeremy / Mario Bros membuat gelak tawa diantara penonton malam itu.

 

 

Langsung saja Gofar menghadirkan Speedkill. Dengan gempuran heavy metal dari Speedkill, band yang vokalisnya adalah salah satu tattoo artist dari Lawless Tattoo, Unboundkill. Malam itu Speedkill tampil tanpa bassistnya, Patra, yang sedang ber-horny-moon dengan istrinya di Eropa seusai pernikahannya, digantikan oleh Mirja. Speedkill tampil sekitar 30 menit membawakan lagu-lagu andalannya, termasuk juga lagu-lagu cover version dari The Misfits dan Metallica. Sebuah kick-start yang kick-ass untuk acara malam itu.

 

 

Kedua, Sentimental Moods, band ska instrumental dari Jakarta gantian mengajak semua untuk berdansa. Beberapa orang teman yang untuk pertama kalinya menonton band ini sangat terkesima dengan performance ciamik mereka. Band ini membawakan lagu-lagu dari EP pertama mereka seperti Payung Fantasi, Evening Bliss dan lainnya. Ada juga satu lagu cover version yang sudah beberapa kali mereka bawakan di panggung-panggung sebelumnya, terlihat dari beberapa penonton yang sudah teriak-teriak meminta lagu itu bahkan sebelum mereka sampai kepada lagu itu dan memainkannya, yaitu “Anarchy In The Uk” dari The Sex Pistols. Mulai terlihat beberapa orang wanita yang menempati baris depan guna menyaksikan penampilan mereka.

 

 

Selanjutnya giliran milisi rock Besok Bubar. Sebetulnya Besok Bubar tidak dijadwalkan untuk main di Lawless Moustache 2012 dari awal. Tapi karena band hardcore Death Olympia batal main menjelang hari-hari terakhir sebelum acara maka kami sangat beruntung sekali bisa menemukan penggantinya yang tidak kalah kerennya, Besok Bubar. Riff-riff yang dimainkan oleh gitaris vokalis Ammar Gill benar-benar bad-ass. Ditambah dengan suara bass yang kotor dan permainan drum yang konstan menggemuruh. We are now officially fans of Besok Bubar. Hail! \m/

 

 

Morfem mendapat urutan ke empat untuk main malam itu. Setelah crowd dibakar oleh penampilan berbahaya dari Besok Bubar, lalu digempur oleh single indie rock dari Morfem, “Pilih Sidang Atau Berdamai”. Sing-a-long kontan terjadi di pesta kumis ini. Tidak sedikit mungkin yang kumisnya mulai miring dari posisi semula atau mulai basah tercelup beer pada saat meminumnya dari gelas. Morfem juga membawakan sebuah medley dari lagu-lagu Ramones. “Blietzkrieg Bop”, “Rock N’ Roll Radio”, “KKK Took My Baby Away” dan lainnya, sukses disambung menjadi satu lagu pendek yang membuat sing-a-long yang masif diantara penonton.

 

 

Lanjut lagi, Straight Answer. Band hardcore yang vokalisnya, Aca, merupakan salah satu co-founder Lawless Tattoo. Malam itu Straight Answer sebelumnya manggung juga disebuah cara musik di Bekasi. Untungnya situasi lalu lintas cukup bersahabat jadi mereka tidak terlambat untuk sampai di Kemang. Kali ini Straight Answer tampil sangat diluar kebiasaan, at least diluar kebiasaan yang kami tau. Mereka total membawakan lagu-lagu band lain yang bahkan tidak kami bayangkan akan mereka bawakan secara full. Lagu-lagu seperti “Don’t Look Back In Anger” dari Oasis, “Terlalu Manis” dari Slank mereka bawakan sampai habis! Selain itu juga lagu-lagu dari Cocksparrer, Ina Subs, dan lain-lain. The mosh pit went wild on this part. Crowd bertukar keringat, berebut mic, suasana makin memanas lagi.

 


 

Penampil terakhir malam itu adalah band rock oktan tinggi, Seringai. Dua personilnya yaitu Arian13 dan Sammy adalah keluarga dari Lawless Jakarta juga. Ya, bisa dibilang Movember party tahun ini kami menampilkan band-band dan MC keluarga Lawless Jakarta plus band-band keren lainnya. Seringai berseragam dengan vest kebangsaannya, tampil maksimal membawakan lagu-lagu dari 2 album terakhirnya “Serigala Militia” dan “Taring”. Malam itu Seringai juga untuk pertama kalinya membawakan lagu “Lissoi” secara akustik, lengkap dengan membawa dan memainkan gitar akustik. Biasanya mereka memainkan lagu “Lissoi” spontan karena ditodong penonton. Sing-a-long masif juga terjadi di lagu ini dengan gelas-gelas beer yang diangkat tinggi. Setelah sekitar 6 lagu mereka sendiri, Seringai menyelipkan 2 lagu thrash metal cover version yaitu “Bonded By Blood” dari Exodus dan “Raining Blood” dari Slayer. Dan akhirnya menutup acara malam itu dengan single “Mengadili Persepsi (Bermain Tuhan)”.

 

 

Lawless Jakarta menjual stiker charity Movember di venue dan di store Kemang seharga Rp.10.000. Keuntungan dari acara Lawless Moustache dan hasil penjualan sticker charity ini sampai awal Desember 2012 berhasil memperoleh angka sebesar Rp.2.200.000, dan sudah disumbangkan ke Yayasan Kanker Indonesia pada tanggal 4 Desember 2012. Acara ini didukung oleh High Octane Production, Penny Jakarta, dan Sub Magazine. Terima kasih kepada band-band yang sudah bersedia tampil dan pastinya teman-teman yang sudah datang meramaikan, men-support, sekaligus menyumbang untuk acara Movember ini. Sampai bertemu lagi di Lawless Moustache 2013!

 

 

Music: “Parade Kanibal Utopis” Speedkill.

Photo by Dinda Advena (@dailyrats) and Lawless Jakarta.

Video by sam_bram of Lawless Jakarta.

Please follow & like us :
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://lawlessjakarta.com/blog/lawless-moustache-2012-2.html">
Twitter